Rabu, 17 April 2013

PROFIL KELOMPOK TRIJAYA



PENGATAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan berbagai nikmat kepada kita semua, baik nikmat lahir maupun batin, nikmat terasa ataupun tidak terasa.

Kadar kemampuan manusia sangat terbatas baik keilmuan maupun wawasan, sehingga kekurangan dan ketidak sempurnaan manusia pasti ada, oleh karena itu kami mohon maaf dalam penyusunan Selayang Pandang tentang Profil Kelompok Tani Trijaya ini masih jauh dari sempurna.

Alhamdulillah kami mampu menyelesaikan penyusunan (Penulisan) profil kelompok ini, walaupun banyak kekurangan dan kesalahan itu karena kemampuan dan keterbatasan keilmuan kami.

Dengan demikian dari kekurangan tersebut adalah satu modal untuk memacu dan memicu serta memotivasi kami untuk terus berupaya dan berkarya untuk maju dan  suksesnya kelompok, baik dalam realita maupun dalam managemennya sehingga kelompok menjadi salah satu aset negara yang dapat dihandalkan dalam peningkatan perekonomian Indonesia.

Kritik dan saran merupakan harapan kami agar dalam segala kegiatan khususnya ruang lingkup kelompok lebih meningkat dan professional dan porposional.

Harapan semoga dalam upaya perbaikan ekonomi kita, dari ikut andilnya keberadaan kelompok tani menjadi tulang punggung perekonomian perdesaan.

Berusaha dan berdo’a adalah modal utama kita semoga Diridho’i Yang Maha Kuasa. Amiin.


                                                                                  Penyusun,
                                                                                  Ketua Kelompok Tani Trijaya




T R I  J A Y A
KELOMPOK TANI TERNAK



Dusun Buni Hilir Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis 46387
Call : 082118851806 E-mail : tritercomda@yahoo.co.id


SELAYANG PANDANG




Usaha peternakan merupakan sub sektor pembangunan ekonomi masyarakat pedesaan, sehingga perlu digali dan dikembangkan untuk memberikan nilai tambah masyarakat dalam usaha agribisnis pertanian/peternakan.
Berawal keinginan memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi masyarakat tersebut, maka para petani/peternak tergerak membentuk perkumpulan atau kelompok yang bergerak di bidang usaha tani ternak. Sehingga pada tanggal 2  Februari 2003 didirikanlah Kelompok Tani Ternak TRIJAYA untuk mewadahi para petani/peternak di Dusun Buni Hilir, Desa Situmandala, Kecamatan SRancah, Kaupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.
Selama ini ternak sapi yang dimiliki pemeliharaannya masih tradisional, pemberiaan pakan belum memperhatikan kebutuhan nutrien dari sapi tersebut, seperti pemberian rumput lapang dan jerami yang asal sapi kenyang tanpa memperhatikan waktu, maupun pola pemberian pakan yang baik dan kecukupan nutrien. Kelompok Tani Ternak ini berkeinginan memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat dengan pemanfaatan teknologi pakan dan memperhatikan kebutuhan nutriennya dengan pemanfaatan sumber daya lokal.

visi dan misi




v  Meningkatkan kemampuan dan produktifitas usaha peternakan rakyat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta membina usaha yang berkelanjutan (sustainable) ;
v  Solusi Menciptakan lapangan kerja baru dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal melalui kegiatan usaha peternakan yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya upaya  pemberdayaan peternak di pedesaan;
v  Merintis laboratory community development bidang pertanian-peternakan terpadu (Integrited sustainability farming system) yang mempunyai wawasan lingkungan dan multi manfaat bagi masyarakat.
v  Mengembangkan dan memasyarakatkan pupuk organik (organic fertilizer) serta produk-produk pertanian-peternakan dikalangan petani-peternak, disamping sebagai komoditas komersial.


I.         DASAR PEMIKIRAN




Keberhasilan pembangunan pertanian khususnya peternakan sangat ditentukan oleh kemampuan atau kapasitas sumberdaya manusia peternakan khususnya peternak sebagai pelaku pembangunan. Sebagai pelaku pembangunan, peternak diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengelola usahatani ternak. Selama ini mereka didekati melalui pendekatan kelompok untuk diberdayakan.
Secara teoritis pengembangan kelompok tani ternak dilaksanakan dengan menumbuhkan kesadaran para peternak, dimana keberadaan kelompok tani tersebut dilakukan dari, oleh dan untuk peternak. Pengembangan kelompok tani perlu dilaksanakan dengan nuansa partisipatif sehingga prinsip kesetaraan, transparansi, tanggungjawab, akuntabilitas serta kerjasama menjadi muatan-muatan baru dalam pemberdayaan peternak. Suatu kelompok tani yang terbentuk atas dasar adanya kesamaan kepentingan diantara peternak menjadikan kelompok tani tersebut dapat eksis dan memiliki kemampuan untuk melakukan akses kepada seluruh sumberdaya seperti sumberdaya alam, manusia, modal, informasi, serta sarana dan prasarana dalam mengembangkan usahatani yang dilakukannya.
Pemberdayaan peternak dapat berarti meningkatkan kemampuan atau kemandirian peternak dengan menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan peternak untuk dapat berkembang. Disamping itu peningkatan kemampuan peternak dalam membangun termasuk kelembagaan peternak (kelompok tani) dan melakukan perlindungan melalui pemihakan kepada yang lemah dengan mencegah persaingan yang tidak seimbang serta menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan.
Peran kelompok tani ternak sangat strategis sebagai wadah peternak untuk melakukan hubungan atau kerjasama dengan menjalin kemitraan usaha dengan lembaga-lembaga terkait dan sebagai media dalam proses transfer teknologi dan informasi. Dilain pihak, secara internal kelompok tani ternak sebagai wadah antar peternak ataupun antar kelompok tani dalam mengembangkan usahataninya.
Inti pembangunan dalam segala bidang adalah untuk mensejahterakan masyarakat, maka dari itu pemerintah pusat maupun daerah berupaya dengan sungguh-sungguh berupaya merealisasikan program-programnya, walaupun belum mencapai target yang diharapkan semua pihak.
Kesungguhan pemerintah telah terbukti dan nyata bahwa dengan mengeluarkan program-programnya demi kesejahteraan masyarakat, baik untuk pemerintahan desa maupun untuk kelompok-kelompok tani di seluruh Indonesia.
Dari sekian kelompok tani yang tersebar di seluruh negeri ini, salah satunya adalah Kolompok Tani  TRIJAYA yang berada di Dusun Buni Hilir Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, merupakan bagian dari salah satu kelompok yang memberikan sumbangsihnya kepada pemerintah dalam percepatan pemerataan perekonomian masyarakat perdesaan.
Kelompok Tani  TRIJAYA merupakan kelompok unggul dalam membina pertanian baik bidang tanaman sandang maupun papan.
Kelompok ini sangat cocok dan strategis keberadaannya, karena ruang lingkupnya di daerah pegunungan yang mayoritas anggota atau masyarakatnya bekerja petani dan pekebun.
Dari dasar pemikiran tersebut maka tidak ada salahnya apabila pengembangan atau penyediaan sarana prasarana untuk menunjang kegiatan kelompok harus memadai dengan fasilitas yang baik dan komplit.
II.     TUJUAN YANG HENDAK DICAPAI





a.        Tujuan Jangka Panjang
Pemberdayaan anggota kelompok yang terdiri dari unsur masyarakat adalah sistem yang mampu memandirikan masyarakat dalam perbaikan ekonomi keluarganya.
Denagn ditunjang Potensi anggota kelompok tani  TRIJAYA sangat baik dan telah berjalan dengan baik dan taat pada aturan kelompok, sehingga perkembangannya cukup memuaskan.

b.       Tujuan Jangka Pendek
1)    Memperbaiki penghasilan anggota kelompok
2)    Memandirikan anggota dalam pemeliharaan ternak
3)    Memanfaatkan lahan yang ada
4)    Menyediakan lapangan kerja
5)    Membiasakan anggota kelompok dalam beroganisasi


III.  KENDALA YANG DIHADAPI
    



Setiap kegiatan sudah pasti banyak permasalah yang muncul yang perlu dihadapi, permasalahan-permasalah yang timbul baik intern maupun ekstern, perlu disikapi dengan bijak dan adil, maka peran ketua kelompok merupakan tugas utama untuk menyelesaikan permasalah tersebut. Namun permasalahan yang tidak dapat diselesaikan bersama adalah permasalahan yang menuntut dana atau biaya yang tidak dapat ditanggulangi oleh kelompok, diantaranya penambahan modal usaha, penyediaan sarana prasarana, seperti perbaikan jalan untuk lalu lintas barang di wilayah kelompok, sehingga harus ada uluran tangan Pemerintah atau instansi terkait.


IV.  PROFIL KELOMPOK





1.     Identitas Kelompok
Nama Kelompok                      : TRIJAYA
Berdiri Tahun                           : 2003
Nomor Izin Kelompok            : 55/112/VIII/KEC/09
Produksi                                    : - Penggemukan Pembibitan,
               Kambing,  Ayam Pedaging.
                                          - Pupuk Organik
Alamat Sekretariat                  : Dusun Buni Hilir Desa Situmandala
                                                       Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis 46387
                                                       Provinsi Jawa Barat
No. Telp/HP                              : 082118851806
E-Mail                                         : tritercomda@yahoo.co.id
Fax                                               : 0265 2732458
Ketua                                          : Dayat
Sekretaris                                  : Herman
Bendahara                                : Agus
2.     Kelompok Membina dibidang :
1.       Peternakan Sapi
a.       Penggemukan
b.       Pembibitan
2.       Peternakan Kambing
3.       Peternakan Ayam
a.       Ayam Petelor
b.       Ayam Pedaging
4.       Perikanan
a.       Budidaya Ikan Gurame
b.       Budidaya Lele, Nila, Mujair
5.       Budidaya Tanaman Pangan dan Holtikultura
a.       Padi, Jagung, Ubi-ubian Kacang-kacangan dll.
b.       Sayuran, Buah-buahan, Bunga dll
6.       Perkebunan
a.       Kayu Albasiah
b.       Kopi
c.        Kakao dll
7.       Pengolahan Pakan Ternak
8.       Prouksi Pupuk Organik
3.     Jumlah Anggota Kelompok
Ø  Anggota Kelompok TRIJAYA sebanyak   : 58 (Lima Puluh Delapan) orang
4.     Luas Areal / Lahan
Ø  Luas areal / Lahan Kelompok TRIJAYA seluas    : 35 Ha
5.     Komoditi Unggulan
a.            Peternakan Sapi
b.            Produksi Pupuk Kompos (Organik)
6.     Kemitraan dengan
a.            Pemerintah                                      : .....................................................
b.            Swasta                                               : ....................................................
7.     Sumber Keuangan
a.               Iuran Anggota                                : Simpan Wajib, Sukarela
b.              Tabungan Anggota                       : .....................................................
c.               Bantuan / Hibah                            : .....................................................
d.              Pinjaman Bank                               : .....................................................
e.               Pinjaman dari Pemerintah         : .....................................................
8.     Buku Administrasi Kelompok
1.                Buku Kas                                         : Ada / Tidak ada     
2.                Buku Tamu                                     : Ada / Tidak ada     
3.                Buku Agenda Surat Masuk        : Ada / Tidak ada     
4.                Buku Agenda Surat Keluar        : Ada / Tidak ada     
5.                Buku Catatan Kegiatan               : Ada / Tidak ada     
6.                Buku Notulasi Rapat                    : Ada / Tidak ada     
7.                Buku Anggota Kelompok           : Ada / Tidak ada     
8.                Buku Daftar Hadir                                    : Ada / Tidak ada     
9.                Peta Potensi Wilayah                  : Ada / Tidak ada     
10.           Peta Desa/Kecamatan                : Ada / Tidak ada     
9.     Keaktifan Anggota
a.     Aktif                                                  : 29     orang
b.     Tidak aktif                                       : 0       orang
10.                      Program Kerja
1.                Pertemuan Rutin/Rembuk Tani           : Ada / Tidak ada     
2.                Arisan                                                          : Ada / Tidak ada     
11.                      Pembelian Saprodi
1.                Secara Kelompok                                     : Ada / Tidak ada     
2.                Usaha Bersama                                         : Ada / Tidak ada    
3.                Gotong Royong                                        : Ada / Tidak ada     
4.                Pelatihan/Magang                                   : Ada / Tidak ada 
12.                      Daftar Asset Kelompok
1)    Bangunan Sekretariat                                               : 1       unit
2)    Kandang Kawasan                                                     : 3       unit
o    Jumlah  Sapi di Kawasan                                  : 32     ekor
3)    Kandang  Sapi diluar kawasan tersebar              : 29     unit
o    Jumlah  yang tersebar diluar kawasan        : 45     ekor
4)    Kandang Kambing tersebar                                                : 35     ekor
o    Jumlah Kambing                                                 : 142 ekor
5)    Kandang Ayam Pedaging tersebar                                    : 4       unit
o    Jumlah Ayam pedaging                                    : 4000 ekor
6)    Kebun Rumput Kelompok seluas                           : 8,5    ha
7)    Bangunan pengolahan Pupuk Organik                : 1       unit
o    Produksi perbulan sebanyak                          : 6000 kg
8)    Mesin Pengolah Pupuk Organik                            : 3       unit
9)    Gudang Penyimpanan dan Permentasi Pupuk  : 1       unit
10)       Bangunan Gudang Pengolahan Pakan             : 1       unit
11)       Mesin Pengolahan Pakan                                                : 1       unit
12)       Kendaraan Roda Empat                                       : 1       buah
13)       Kendaraan Roda Tiga                                            : 1       buah


V.     BUDIDAYA DAN MELESTARIKAN SAPI LOKAL KHAS RANCAH





LANGKAH MAJU TENTANG INOVASI PEMBUDIDAYAAN SAPI LOKAL KHAS RANCAH

Kelompok Ternak Trijaya pada saat ini, sedang menggalakan kepada petani ternak dilingkungan Rancah dan Tambaksari, membudidayakan Sapi Lokal Khas Daerah Rancah, setelah diteliti dan diamati bahwa sapi tersebut mempunyai banyak keunggulan-keunggulan diantaranya :

1.            Tahan Penyakit;
2.            Pakan praktis dan ekonomis;
3.            Daging Kejal dengan Tulang Kecil;
4.            Persentase Karkas diatas 50%
5.            Cepat berkembang biak karena sapi tersebut cepat birahi;

Keunggulan-keunggulan tersebut sangat berpotensi besar untuk menjadi lahan usaha dalam pengelolaan ternak khususnya di bidang peternakan sapi.
Ada beberapa visual image contoh sapi lokal :





 










































VI.            PETA DESA SITUMANDALA


















































V.     PETA LOKASI KELOMPOK




























VII.                          DENAH KAWASAN  KELOMPOK




























VIII.                    VISUALISASI ASSET KELOMPOK




1)    Bangunan Sekretariat








2)    Kandang Kawasan Ternak Sapi










3)    Kandang Sapi Diluar Kawasan













4)    Popolasi Kandang Kambing













5)    Kandang Ayam Yang Tersebar











6)    Kebun Rumput Kelompok
























7)    Bangunan Pengolahan Pupuk Organik
























































8)    Mesin Pengolahan Pupuk Organik















9)    Permentasi Pupuk Organik















10)                     Bangunan Gudang Pengolahan Pakan
Bangunan Pengolahan  Pakan ternak Kelompok Trijaya, merupakan salah satu kegiatan sehari-hari sebagai rutinitas kerja untuk meningkatkan perekonomian anggotanya.

Gudang Penyimpanan Pakan yang siap jual
Selama ini gudang penyimpanan pakan dan pupuk belum memadai perlu perluasan sehingga keddua komoisi disimpan pada tempat yang sama







XI.            PIAGAM PENGAKUAN KELOMPOK














































X.               CUPLIKAN SK PEMBENTUKAN KELOMPOK








PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
KECAMATAN RANCAH
KEPALA DESA SITUMANDALA
JL. Situmandala– Rancah  46387.

BERITA ACARA
PEMBENTUKAN KELOMPOK TANI
NOMOR : 462/21/BAPK/Des-203

            Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, setelah memperhatikan hasil musyawarah Kelompok di Dusun Bunihilir, Desa Situmandala, telah terbentuk Kelompok TaniTRI JAYA” dari wilayah kerja Dusun Bunihilir Desa Situmandala yang mempunyai 29 orang anggota, yang dilaksanakan pada hari Senin, Tanggal 16 Desember  2003, bertempat di Balai Dusun Bunihilir.
            Demikian berita acara ini di buat dengan sesungguhnya dan untuk menjadi bahan seperlunya.

Mengetahui,
CAMAT RANCAH

ttd

.........................................
NIP...................................

Situmandala, 16 Desember 2003
Kepala Desa Situmandala


ttd

........................................








XI.            DAFTAR ANGGOTA KELOMPOK







NO
NAMA
ALAMAT
1.     
Dayat
Bunihilir
2.     
Agus H
Bunihilir
3.     
Herman
Bunihilir
4.     
Kusep
Bunihilir
5.     
Yayan
Bunihilir
6.     
Karso
Bunihilir
7.     
Karta
Bunihilir
8.     
Didin
Bunihilir
9.     
Uju
Bunihilir
10.               
Nana
Bunihilir
11.               
Habudin
Bunihilir
12.               
Darsa
Bunihilir
13.               
Tarsa
Bunihilir
14.               
Said
Bunihilir
15.               
Tasripin
Bunihilir
16.               
Suhanda
Bunihilir
17.               
Rasto
Bunihilir
18.               
Tarso
Bunihilir
19.               
Harjo
Bunihilir
20.               
Taslam
Bunihilir
21.               
Radi
Bunihilir
22.               
Wasja
Bunihilir
23.               
Yoyong
Bunihilir
24.               
Abang
Bunihilir














XII. DAFTAR lahan ANGGOTA DAN TERNAK PELIHARAANKELOMPOK

No
 Nama
Alamat
Darat (ha)
Basah/Sawah (ha)
Ternak (ekor)
Palawija
Kebun
Kayu
HMT
Sawah
Kolam
Sapi
kambing
Domba
Ayam
Jangung, Singkong, Ubi Jalar, Kacang-kacangan
Kopi, Kelapa, Lada
Gajah, Kingres, BB, Mexico
Padi
Padi
Gurame, Nila Tawes, Mas, Lele
PO, Lemosin, Brahman, simental
PE, Lokal, Signi
Garut, Lokal
Kampung, Ras
I
Kandang Induk Kawasan
Bunihilir






37



1
Dayat
Bunihilir
0,28
0,14
                  1,40
                  0,29
                  0,56
                  0,14
                         4
                           -
                           -
                           -
2
Agus H
Bunihilir
0,14
0,28
                  0,42
                  0,42
                  0,21
                  0,04
                           -
                         3
                           -
                           -
3
Herman
Bunihilir
0,14
0,42
                  0,42
                           -
                  0,42
                  0,04
                         3
                         8
                           -
                           -
4
Kusep
Bunihilir
0,07
0,28
                  0,14
                  0,14
                           -
                           -
                         3
                         6
                           -
                           -
5
Yayan
Bunihilir
0
0,14
                  0,42
                  0,42
                  0,28
                  0,04
                         3
                         8
                           -
                           -
6
Karso
Bunihilir
0
0,14
                  0,14
                           -
                  0,14
                  0,07
                           -
                      10

                           -
7
Karta
Bunihilir
0
0,07
                  0,14
                           -
                  0,14
                           -
                         3
                           -
                         1
                           -
8
Didin
Bunihilir
0,14
0,28
                           -
                  0,14
                  0,28
                  0,04
                           -
                           -
                           -
                           -
9
Uju
Bunihilir
0,14
0,28
                  0,14
                  0,14
                  0,42
                           -
                         1
                         7
                           -
                           -
10
Nana
Bunihilir
0,07
0,14
                  0,56
                  0,14
                  0,28
                           -
                         1
                         3
                           -
                           -
11
Habudin
Bunihilir
0
0,14
                  0,28
                  0,28
                  0,28
                  0,07
                         3
                      10
                           -
                   280
12
Darsa
Bunihilir
0,7
0,14
                  0,42
                  0,14
                  0,42
                  0,07
                         3
                           -
                           -
                   350
13
Tarsa
Bunihilir
0,28
0,35
                  0,70
                  0,56
                  0,70
                  0,14
                         3
                         6
                           -
                           -
14
Said
Bunihilir
0,14
0,14
                  0,28
                  0,42
                  0,14
                  0,07
                         3
                         3
                           -
                           -
15
Tasripin
Bunihilir
0,28
0,56
                  1,40
                  0,70
                  0,56
                  0,14
                           -
                           -
                           -
                   420
16
Suhanda
Bunihilir
0,14
0,07
                  0,28
                           -
                  0,14
                  0,70
                           -
                         6
                           -
                           -
17
Rasto
Bunihilir
0,07
0,07
                  0,14
                           -
                  0,14
                           -
                           -
                           -
                           -
                           -
18
Tarso
Bunihilir
0,14
0,14
                  0,28
                  0,56
                  0,14
                  0,07
                         8
                           -
                           -
                           -
19
Harjo
Bunihilir
0,14
0,28
                  0,42
                  0,42
                  0,28
                  0,04
                           -
                           -
                           -
                           -
20
Taslam
Bunihilir
0,07
0,14
                  0,35
                  0,28
                  0,28
                           -
                           -
                           -
                           -
                           -
21
Radi
Bunihilir
0,14
0,28
                  1,40
                  0,42
                  0,14
                  0,06
                         6
                           -
                           -
                           -
22
Wasja
Bunihilir
0,07
0,14
                  0,28
                  0,14
                  0,21
                           -
                           -
                           -
                           -
                           -
23
Yoyong
Bunihilir
0,14
0,28
                  0,84
                  0,28
                  0,42
                  0,01
                         1
                           -
                           -
                           -
24
Abang
Bunihilir
0,28
1,4
                  0,21
                           -
                  0,70
                           -
                           -
                           -
                           -
                           -
JUMLAH
3,57
6,3
               11,06
                  5,89
                  7,28
                  1,74
                      82
                      70
                         1
               1.050
XIII.      SUSUNAN PENGURUS



SUSUNAN PENGURUS
 KELOMPOK DAN DAFTAR ANGGOTA

PELINDUNG                                        : KEPALA DESA SITUMANDALA
PENASEHAT                                        : 1. PEMBINA
                                                              2. KEPALA BPP KEC. RANCAH
KETUA                                                 : DAYAT
SEKRETARIS                                        : HERMAN
BENDAHARA                                      : AGUS
SEKSI-SEKSI                                        :
v SIE. PRODUKSI                             : AHMAN
v SIE. PAKAN                                  : SARJO
v SIE. PEMASARAN                                    : WAWAN
v SIE. HUMAS                                 : TARSO
v SIE. BANGUNAN                          : EDI
v SIE. PENANGGULANGAN
  KESEHATAN : MAMAN
v SIE. LOGISTIK                               : HARJO

Ditetapkan di : Situmandala
Pada tanggal   : 15 Januari 2000
Ketua,





D A Y A T













3

VI.  REVIEW SUSUNAN PANITIA PEMBANGUNAN






SUSUNAN PANITIA PEMBANGUNAN
 KELOMPOK TANI TERNAK  TRIJAYA

PELINDUNG                                        : KEPALA DESA SITUMANDALA
KETUA                                                 : DAYAT
SEKRETARIS                                        : HERMAN
BENDAHARA                                      : AGUS
SEKSI-SEKSI                                        :
v SIE. BANGUNAN                          : AHMAN
v SIE. LOGISTIK                               : SARJO
v SIE. PENCARI DANA                    : WAWAN
v SIE. HUMAS                                 : TARSO
v SIE. KONSUMSI                           : IBU-IBU KELOMPOK







Ditetapkan di : Situmandala
Pada tanggal   : 16 September 2010
Ketua,





D A Y A T





VII.         PENUTUP 





Dengan selesainya penyusunan Selayang Pandang ini, kami sebagai ketua kelompok TRIJAYA menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkeluh kesah membantu sehingga profil kelompok TRIJAYA sekaligus sebagai dokumentasi.

Tidak ada gading yang tak retak, kekurangan  dalam penyusunannya merupakan keterbatasan kemampuan kami baik dalam wawasan keilmuan maupun pengalaman yang masih jauh dari sempurna.

Keterbatasan-keterbatasan tersebut merupakan motivasi kami untuk belajar agar penyempurnaan dalam membina kelompok tani menjadi profesional dan mandiri.

Semoga dengan selesainya Selayang Pandang Kelompok Tani TRIJAYA ini menjadi bahan acuan bagi semua kelompok khususnya di wilayah Kecamatan Rancah, dan menjadi wahana  baru dalam pembinaan kelompok-kelompok tani dimana saja berada.

Hanya kepada Allah SWT kita bergantung semoga dalam pengelolaan organisasi khusunya kelompok tani selamanya ada dalam lindungan-Nya. Amiin.















PIAGAM PENGHARGAAN
PERTEMUAN PENGURUS KELEMBAGAAN USAHA TANI
24 FEBRUARI 2012 DI LEMBANG BANDUNG
























3 komentar:

  1. Misi gan numpak lapak, ini kami nenyediakan pakan ternak dari bermacam-macam limbah seperti KOPRA, LIMBAH SAWIT, ONGGOK TELO, JANGGEL, KULIT KACANG, KULIT TELO, TETES TEBU, LIMBAH KECAP, SELAMPER, dan masih banyak lagi, untuk info dan pemesanan bisa invet pib bbm 7DFB2B5C atau nomor hp 082311619455, kami berada di BLORA JAWA TENGAH terimakasih.

    BalasHapus
  2. Misi gan numpak lapak, ini kami nenyediakan pakan ternak dari bermacam-macam limbah seperti KOPRA, LIMBAH SAWIT, ONGGOK TELO, JANGGEL, KULIT KACANG, KULIT TELO, TETES TEBU, LIMBAH KECAP, SELAMPER, dan masih banyak lagi, untuk info dan pemesanan bisa invet pib bbm 7DFB2B5C atau nomor hp 082311619455, kami berada di BLORA JAWA TENGAH terimakasih.

    BalasHapus
  3. The Best Betting Sites in 2021 - worrione.com
    Bet365 has a solid betting app offering loads of 바카라 in particular the Bet365 welcome bonus, which will make 온카지노 it the most suitable 제왕카지노 to use in the

    BalasHapus